Tuesday, August 27, 2019

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Reseller

Anda seorang reseller? Berdasarkan pengalaman, menjalankan bisnis seperti ini kelihatannya mudah, namun ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Masih banyak orang yang juga belum berhasil menjalankan bisnis sebagai reseller.  Alasan umumnya adalah barang tidak laku, kalah bersaing dengan reseller lain. Padahal produk yang dipasarkan cukup bagus. Dalam menjalankan bisnis dengan sistem reseller dibutuhkan ketekunan  serta dituntut untuk selalu fokus. Oleh karena itu sebaiknya pilih satu produk atau jasa saja. Selain itu Anda juga harus  berhati-hati dalam memilih program reseller karena  tidak semua program reseller yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus.
Berikut beberapa  tips dalam menjalankan bisnis reseller :

Product  Knowledge

Pengetahuan produk sangat penting bagi seorang reseller. Sebelum menjual suatu produk, biasakan mempelajari informasi tentang produk atau jasa yang akan Anda jual. Anda harus tahu detail produk Anda, bagaimana kompetisinya, siapa aja kompetitor Anda. Apa kelebihan dan kekurangan produk Anda dibanding kompetitor. Selain itu, amati juga bagaimana respon pasar terhadap produk tersebut. Pilihlah produk yang diminati pasar atau produk yang Anda sukai.

Mau Belajar

Beberapa hal penting yang perlu Anda pelajari sebagai seorang reseller adalah tentang bagaimana cara melakukan promosi yang baik, bagaimana membuat penawaran, bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik, bagaimana handling pertanyaan atau keberatan dari customer, dll. Dalam melakukan promosi, usahakan untuk menarik perhatian orang dengan melakukan promosi yang beda dari pada yang lain. Misalnya dengan memberikan discount, bonus barang, free ongkir atau tambahan yang menarik lainnya. Belajar marketing atau promosi sebaiknya dengan mempraktekkannya langsung, Coba belajar sambil mencobanya dengan menawarkan produk tersebut mulai pada saudara terdekat, tetangga, rekan kerja, dll.

Lakukan Promosi di Berbagai Media

Promosi sangat penting dalam berjualan. Tanpa promosi tidak mungkin akan ada penjualan. Sebagai sorang reseller  Anda bisa melakukan promosi baik secara online maupun offline. Promosi online, bisa dilakukan melalui Whattsapp, Instagram, Facebook, Youtube dan beragam media social lainnya yang sedang happening saat ini. Bisa juga menggunakan blog Anda untuk mengoptimalkan promosi, dengan membuat konten blog untuk promosi produk Anda. Anda juga bisa melakukan iklan di Forum Jual beli yang ada di internet. Lakukan posting iklan berulang kali dengan menggunakan judul yang berbeda, karena pada forum jual beli iklan Anda akan terus turun seiring dengan banyaknya iklan yang masuk pada forum tersebut. Anda juga bisa memasang iklan di situs-situs penyedia jasa pemasangan iklan gratis. Promosi secara offline Anda bisa menawarkan produk Anda tersebut langsung kepada teman-teman keluarga dekat, rekan kerja, tetangga, dan siapapun kenalan Anda.

Menentukan harga jual yang kompetitif

Harga produk merupakan salah satu faktor yang menentukan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk, walaupun keputusan pembeli tidak selalu karena faktor harga. Jadi menentukan harga jual yang kompetitif sangat penting bagi seorang reseller. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan sebagai seorang reseller, Anda akan bersaing dengan produsen lain yang langsung menjual produknya kepada konsumen. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam menentukan harga antara lain adalah harga dari suplier, margin keuntungan yang ingin Anda dapatkan, harga kompetitor, biaya promosi dll.  Menentukan harga yang pas adalah cara yang bisa digunakan untuk memenangkan persaingan sebagai seorang reseller.

Kerja Sama dengan Orang Lain

Anda bisa melibatkan keluarga, teman atau tetangga yang belum menjadi reseller dengan mengajak kerjasama memasarkan produk Anda dengan cara berbagi komisi. Dengan cara seperti itu, produk Anda akan semakin dikenal dan tentu akan membantu Anda sukses sebagai reseller.

Menjunjung Tinggi Kejujuran

Apapun bisnisnya Kejujuran merupakan sesuatu yang sangat penting. Katakan dengan jujur kepada konsumen bahwa Anda adalah seorang reseller, jangan pernah sekali-sekali mengaku bahwa Anda adalah seorang supplier hanya untuk menarik minat dari konsumen. Saat konsumen menanyakan ketersediaan stock barang, jika Anda belum mendapatkan kepastian dari supplier, maka janganlah pernah berani memastikan bahwa stock barang ready atau tersedia. Bila memang barang belum dikirim karena suatu hal, sampaikan bahwa barang memang belum dikirim. Ketidakjujuran akan berpengaruh buruk bagi bisnis Anda kedepannya.

Fast Response dan komunikatif

Kecepatan merespon pertanyaan calon pembeli sangatlah penting. Apalagi bila berjualan secara online. Bila Anda telat merespon pertanyaan calon pembeli, bisa-bisa pembeli akan kabur. Ingat, yang berjualan online bukan hanya kita, banyak produk sejenis yang dijual secara online. Jadi cepatlah merespon calon pembeli yang menanyakan mengenai produk yang Anda tawarkan, jelaskan secara detil dengan apa adanya. Anda juga harus sabar dalam memberikan respon calon pembeli, karena tipe pembeli juga bermacam-macam. Anda jangan terprovokasi atau emosi oleh tipe pembeli yang bawel. Pahamilah, bahwa setiap orang termasuk calon pembeli Anda pastinya menginginkan yang terbaik dari suatu barang yang akan mereka beli, atau pembeli tersebut belum terbiasa belanja online atau customer baru sehingga wajar bila banyak hal yang ditanyakan.

Fokus, sabar dan konsisten.

Memperkenalkan siapa Anda, apa produk yang Andsa tawarkan memerlukan proses panjang dan tentu diperlukan kesabaran dan konsistensi. Tahap ini adalah tahap paling krusial, sulit dan tentunya membosankan. Bila ingin sukses, Anda harus bisa melalui tahap ini. Kuncinya Fokus, sabar dan konsisten. Teruslah rajin mempromosikan produk, mengedukasi calon konsumen, memberi informasi tentang produk yang Anda, kelebihan serta alasan mengapa mereka harus membeli produk anda. Ketika Anda sudah merasa cukup melakukan hal-hal tersebut namun tetap belum ada penjualan juga? Tenang dan jangan panik, yang penting calon konsumen sudah tahu bahwa Anda adalah penjual, Anda memiliki produk dan Anda bisa memenuhi kebutuhan mereka. Keputusan membeli dari calon konsumen biasanya tidak saat itu, tapi datang setelah penawaran kedua, ketiga atau bahkan ke empat.

Jangan Malas Follow Up

Follow Up calon pembeli sangatlah penting. Karena keputusan membeli dari calon konsumen biasanya tidak saat penawaran pertama, tapi datang setelah penawaran kedua, ketiga atau bahkan ke empat. Itulah kenapa follow up sangat penting. Jangan sampai kita yang sudah capek-capek menjelaskan secara detail produk kita, yang follow up reseller/penjual lain, akhirnya konsumen beli ke mereka.

Tekun, dan teruslah berinovasi

Teruslah berinovasi bagaimana cara menarik minat konsumen lebih banyak. Cari cara-cara baru meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Teruslah belajar dan berinovasi. Bergabunglah dengan komunitas atau group-group penjual.

Itulah beberapa Tips agar sukses menjalankan bisnis reseller. Tertarik untuk mulai mencoba bisnis? Mulailah sebagai reseller. Bingung mencari produk? Saat ini banyak sekali produsen/suplier yang menawarkan kerja sama sebagai reseller. Salah satunya adalah BG Shoes, suplier sepatu pria. Untuk daftar sebagai reseller BG Shoes bisa kontak ke 087825370515.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment